Pantai Nguluran Jogja

Pantai Nguluran merupakan salah satu pantai yang mulai menjadi perbincangan para traveller di tahun 2019. Lokasi pantai tersebut ada di daerah Gunung Kidul, Yogyakarta. Tepatnya ada di Bolang, Girikarto, kecamatan Panggang, kabupaten Guning Kidul. Yang unik di pantai satu ini adalah wahana atau spot foto yang instagramable dan cukup langka di Jogja. Spot foto ini adalah berbentuk teras kaca yang berada di ketinggian dengan view pantai yang begitu luar dan menyenangkan.

Wisata Pantai Tanpa Main Air dan Pasir

Salah satu keunikan di Pantai Nguluran Jogja adalah kamu berkunjung ke pantai namun tidak menyentuh pasir dan air. Destinasi wisata satu ini cocok untuk kamu yang hanya suka menikmati keindahan alam tanpa harus bersentuhan langsung dengan alam tersebut. Jadi tak perlu repot bawa baju ganti, tak perlu bilas (mandi) saat berkunjung ke pantai tersebut. Sangat recomended buat kalian yang punya niatan hunting/berburu foto. Foto yang dihasilkan pastinya akan membuat feed instagram kamu makin keren dan bakalan banyak komentar yang menanyakan dimana lokasinya?

Rute Menuju Pantai Nguluran

Rute ke pantai tersebut jika kamu dari pusat kota Yogyakarta, bisa melalui Ringroad jalan Wonosari. Setelah melewati kawasan Piyungan, lanjutkan menuju ke arah Patuk, kalian bisa mengikuti penunjuk arah atau bisa melalui aplikasi google maps. Setelah sampai di lapangan terbang Gading, ambil arah kanan hingga masuk pasar Playen. Lanjutkan perjalan melalui Paliyan dan menuju ke Girikarto. Jika bertemu warga, silakan tanya lokasi Jembatan Kaca Pantai Nguluran Gunung Kidul.

Beberapa Spot Foto Instagramable di Pantai Nguluran

Ada beberapa spot foto yang bisa menjadi pilihan pengunjung pantai ini. Kurang lebih ada sekitar lima spot andalan di tempat wisata ini. Beberapa spot favorit diantaranya adalah sebagai berikut:

Teras kaca

Teras kaca adalah spot favorit dan wajib bagi wisatawan/traveller yang berkunjung ke pantai ini. Sepertinya destinasi pertama ke pantai ini ya karena ingin merasakan sensasi teras kaca. Merasakan bagaimana kamu berada di ketinggian belasan meter dari pantai hanya dengan menginjakan kaki di atas kaca, kamu berani?

Pantai di Jogja yang ada kaca di tebingnya
sumber gambar: IG @heru_potret_377

Teras kaca ini akan menguji nyali kamu, kamu akan langsung melihat ke bawah yang tingginya belasan meter. Ditambah dengan suara ombak dan angin yang begitu besar menambah rasa takut bagi kalian yang fobia ketinggian. Soal keamanan, bisa dibilang jembatan kaca ini aman. Konstruksi baja dikombinasikan kaca dengan tebal kurang lebih 1,3 cm cukup jika kamu dan pasanganmu foto bareng di sini. Jangan sekali-kali nyoba foto di sini sambil bawa mobil truck bermuatan beton ya, dijamin bakal ga kuat kaca dan bajanya.

Glass Boat

Setelah teras kaca, spot foto yang cukup populer adalah Glass Boat. Di spot ini kamu akan terlihat makin keren di instagram, seolah kamu sedang mengarungi lautan yang begitu luas hanya menggunakan boat yang dibilang agak kecil. Konstruksinya sama dengan teras kaca, hanya saja bentuknya unik, yaitu menyerupai kapal bagian depan.

glass boat pantai nguluran
sumber gambar: IG @ully_namang

Kalau kamu jago eksplore pose foto dan didukung fotografer yang hebat, kamu bisa coba gaya seperti di film Titanic yang begitu romantis. Penasara? langsung saja ke Pantai Nguluran Gunung Kidul, dijamin seru.

Jogja Swing

Wahana atau spot foto selanjutnya adalah Jogja Swing yang bakal lebih memacu adrenalin kamu. Bayangkan, kamu ayunan di tempat biasa saja kadang merasa takut, bagaimana jika ayunan di ketinggian belasan meter di atas pantai, kamu berani coba?

ayunan di tebing pantai
sumber gambar: IG @endangkatarina29
ayunan tertinggi di indonesia
sumber gambar: IG @atikarsyah

Kamu bisa menantang diri sendiri untuk mencoba naik ayunan super menegangkan ini. Tenang, peralatan yang digunakan sudah teruji aman dan ditangani oleh para ahlinya, jadi kalau kamu ikuti instruksi dari tim yang bertugas, bisa dikatakan kamu dalam kondisi aman.

Harga Tiket Pantai Nguluran Gunung Kidul

Nah dari awal baca kamu pasti sudah nungguin soal berapa tiket pantai ini dan berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk mencoba semua wahana tersebut. Oke, menurut beberapa sumber yang kami dapatkan, untuk menuju pantai ini hanya dikenakan biaya Rp. 5.000,-. Untuk biaya parkir kendaraan roda dua dipungut biaya Rp. 3.000,- dan untuk kendaraan roda 4 dipungut biaya Rp. 5.000,-. Termasuk murah bukan? Lalu untuk berfoto di teras kaca dikenakan biaya Rp. 20.000,- dan beberapa objek lain dikenakan biaya Rp. 10.000,-. Ada juga spot foto yang gratis lho, kamu bisa tanyakan petugas saat sudah di lokasi untuk informasi lengkap soal biayanya.

Review Pengunjung

  • Muhammad Taufiq Rizqullah: Tempat yg menarik untuk berswa foto. Disini terdapat 6 spot foto berbayar dan beberapa spot foto free. Lokasinya luas dan wahana yg menghadap ke laut ini membuat pemandangan foto menjadi bagus. Untuk menikmati wahana foto, anda harus membeli tiket. Setiap tiket kurang lebih berdurasi 2-3 menit foto, kecuali untuk jogja swing. Lokasinya bersih, terdapat 4 toilet di dalam kawasan teras kaca yg cukup bersih. Terdapat pula mushola yg memang menurut saya kurang besar untuk menampung pengunjung dengan jumlah yg banyak. Anda juga dapat bersantai di pendopo sambil menikmati makanan yg di jual dan menunggu dipanggil untuk foto. Tempat parkirnya lumayan luas untuk puluhan mobil dan puluhan motor, bahkan untuk bus pun masih bisa. Namun kendalanha adalah jalan yg sulit untuk dilalui bus sehingga saya sarankan jangan menggunakan bis ke sini. Pelayanan cukup ramah. Saya sarankan kalau anda kesini datanglah pagi2 saat awal buka dan jangan saat weekend jika anda tidak ingin mengantri lama. Dan lebih baik anda memakai sendal saja, karena wahana seperti glass boat dan teras kaca mengharuskan anda melepas alas kaki. Jadi akan lebih praktis jika menggunakan sandal. Jika anda ingin sekali menikmati pemandangan laut, saya sarankan anda jangan kesini. Karena bisa jadi anda akan kecewa, karena tempat wisata ini dirancang hanya untuk berswa foto.
  • Rana Atiqah Gusbet: Ini bukan pantai sih, cuma kaya tebing buat foto-foto gitu. Setiap spot berbeda bayarnya. Jadi pas kita nyampe daerahnya bayar 5rb, trus lanjut bayar parkir. Lalu bayar tiket masuk sekitar 5rb juga, di dalam juga buat foto harus bayar untuk setiap spot nya. Spot teras kaca ini bayar 20rb per orang dengan waktu 2 menit saja. Pantai nya ga ada sih, pemandangannya emang bagus banget sih, tapi ya agak kecewa krn terlalu mahal padahal kita jauh banget kesana. Dibandingkan dengan wisata jogja lainnya yang menurutku super murah meriah banget.
  • Aika WD: Kalau suka foto2 ala2 instagram boleh deh berkunjung ke pantai ini. Ada beberapa spot yang bisa dipakai buat foto. Per spot dihargai 10-20ribuan. Masuk ke pantainya per orang bayar 5rb. Tapi kalau kamu pengen main air jangan kesini deh. Pantai ini tempatnya di tebing jd kamu ga akan bisa main2 air.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *