Gunung Luhur Banten

Gunung Luhur Banten menjadi salah satu gunung yang sangat mudah diakses oleh siapapun. Tidak hanya para pendaki saja yang ke Gunung Luhur, orang awam yang tak pernah naik gunung pun bisa ke sini. Tak lain tak bukan adalah untuk menikmati pemandangan lautan awan yang begitu menakjubkan. Pantas saja jika Gunung Luhur Banten ini menjadi destinasi wisata yang sedang naik daun.

gunung luhur banten
sumber gambar: IG @agungtravel.id

Lokasi Gunung Luhur

Gunung Luhur ini berada di Citorek Kidul, Cibeber, Kabupaten Lebak, Banten. Gunung Luhur Citorek Lebak Banten ini bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi. Akses jalan ke sana masih dalam proses pembangunan jadi masih bisa dibilang cukup jelek.

Negeri Atas Awannya Lebak Banten

Jika kita sering mendengar istilah Negeri Atas Awan untuk julukan kawasan dataran tinggi Dieng, julukan ini juga mulai disematkan untuk Gunung Luhur. Beberapa orang maupun media menyebut Gunung Luhur ini sebagai Negeri Atas Awannya Lebak Banten. Lautan awan yang disuguhkan di Gunung Luhur sepintas mirip dengan lautan awan yang disuguhkan di Dieng, pantas saja sebutan Negeri Atas Awannya Lebak Banten diberikan sebagai julukan untuk gunung tersebut.

negeri atas awannya banten
sumber gambar: IG @wendi_agustiani

Proses Pembangunan

Gunung Luhur ini mulai dikenal masyarakat semenjak para pekerja jalan mendokumentasikannya. Para pekerja tersebut sedang memperbaiki jalan yang menghubungkan Lebak Utara dan Selatan pada September 2018. Dari situlah awal mula lautan awan Gunung Luhur dikenal masyarakat. Proses pembangunan jalan dan fasilitaspun akhirnya dilanjutkan dan mulai difokuskan untuk menjadi destinasi wisata alam baru di Banten.

Gunung Luhur Diusulkan Menjadi Geopark

Karena menyita perhatian masyarakat atau para traveller, Gunung Luhur diusulkan menjadi Geopark. Pemerintah Kabupaten Lebak tengah mengajukan sebagian wilayahnya sebagai Geopark Nasional, termasuk lokasi wisata Negeri di Atas Awan. Berita tersebut dimuat di kompas.com pada 20 September 2019. Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya mengatakan, geopark tersebut benama Bayah Dome. Wilayah tersebut meliputi pesisir Pantai Sawana di selatan Kabupaten Lebak hingga ke kawasan utara.

gunung luhur banten
sumber gambar: IG @adikarmdnsaputra

Pengunjung Gunung Luhur Membludak

Pengunjung Gunung Luhur membludak hingga 30 ribu wisatawan, hal tersebut terjadi pada tanggal 20 September 2019. Beredar foto dan video viral tentang gunung ini. Terlihat banyak sekali antrean kendaraan baik roda dua maupun roda empat. Semua wisatawan penasaran dengan keindahan lautan awan di Gunung Luhur. Untuk kamu yang ingin menikmati pemandangan Gunung Luhur ini, kami dari tim letsgettravel.com merekomendasikan datang di antara hari senin-kamis alias weekday.

Review Gunung Luhur

  • Rizal Kahfi: Negri di atas awan yang berada di kabupaten lebak banten. Kondisi jalan sangat memungkin kan bagi pengendara roda 2 maupun roda 4.
  • Sri Handayani: Tempatnya indah, cocok untuk bersantai di pagi hari sembari menikmati secangkir kopi, dan melihat pemandangan lautan awan, tapi harus tetap hati hati karena jika hujan jalanannya licin, untuk akses jalannya lumayan bagus karena sudah di cor tapi hanya sampai desa citorek kidulnya saja, untuk ke tempat campnya masih tanah dan kerikil.
  • Zulkifli Alipbhuto: Cukup ok , utk level ekonomi menengah kebawah, dr pada kita hrs ke Dieng, ke Gunung Luhur sama aja ada Negeri diatas Awan, perjalanan yg cukup ekstrim klo naik motor. Pemandangan nya pun msh alami, . Selamat datang dan nikmati keindahan panorama Gunung Luhur Citorek Ciusul Lebak Banten.
  • Abdi HS: Gunung luhur punya julukan bromo nya propinsi Banten, dimana kita merasakan seperti disebuah negri di atas awan, pembangunan sarana dan prasarana termasuk swadaya masyarakat terus di galakan, sampai saat ini bln agustus 2019 pengecoran jalan terus berlanjut, hati2 jalan yg belum di cor cukup exstrim perlu kemampuan dan kendaraan yg handal bila nanjak menggunakan kendaraan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *